Kanji Rumbi, Primadona di Bulan Suci

Minggu, 28 Mei 2017 | Dilihat: 261 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – SEKILAS tampilannya mirip dengan bubur ayam, memiliki tekstur lembut dan sama-sama diolah dari beras. Bedanya, kalau bubur ayam bisa kita dapatkan setiap hari dan banyak dijual di mana saja, sementara kanji rumbi, boleh dibilang jarang dijajakan di hari-hari biasa, hanya ada saat bulan suci tiba.

Yaps, kanji rumbi namanya, bubur khas Aceh yang diramu dengan rempah-rempah yang konon memiliki rasa cukup nikmat dan penuh khasiat. Bagi masyarakat Aceh, sajian makanan ini sangat tidak asing, ia menjadi primadona di bulan susi. Tak sedikit warga yang memburunya, rasanya yang laziiiit, pas dengan cita rasa masyarakat Aceh yang menyukai bahan makanan yang diracik dari rempah-rempah.

Ada pun komposisi dasar kanji rumbi ini antara lain, beras, wortel, daun sop, daging atau udang, bumbu khusus yang diracik dari lada, lengkuas, dan bahan lainnya.

Di Banda Aceh, beberapa masjid masih saja menyediakan kanji untuk masyarakat berbuka puasa, salah satunya di Masjid Alfurqan Beurawe. Di sana, saban hari dalam bulan Ramadhan, panitia memasak kanji dalam dua wajan besar, menjelang ashar warga datang beramai-ramai mengambil kanji yang sudah dimasak. Panitia juga menyediakan kanji untuk warga yang berbuka di masjid tersebut.

Narator: ardiansyah
Editor: RA Karamullah

Komentar