Dalam Hitungan Menit, Satgas Karhutla Padamkan Kebakaran Hutan

Selasa, 3 Oktober 2017 | Dilihat: 89 kali

SERAMBITV. COM, KUALASIMPANG – Satgas Kebakaran hutan dan lahan (Karhula) Pemkab Aceh Tamiang bertindak cepat memadamkan hutan yang terbakar, hanya dalam hitungan menit kawasan hutan yang terbakar sudah dapat dikendalikan dan dipadamkan.

Tindakan cepat ini terjadi dalam simulasi Satgas Karhula mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Tamiang di areal stadion Aceh Tamiang, Desa Terban, Kecamatan Karang Baru, Selasa (3/10/2017).

Untuk menangani kebakaran tersebut, seluruh pasukan Satgas Karhula yang terdiri dari TNI dan Polri, Satpol PP, Polhut, Pemadam Kebakaran dari PT Pertamina Rantau dan BPBD Aceh Tamiang di berikan arahan penanganan kebakaran tersebut.

Ada tiga unsur penyebab terjadinya kebakaran, ada bahan bakar, oksigen dan sumber penyalaan. Karenanya teknik pemadaman dilakukan dengan menghilangkan salah satu unsur penyebab kebakaran tersebut, seperti menggunakan Alat pemadaman ringan (Ampar) untuk memutus salah satu sumber terjadinya kebakaran. Ada juga dilakukan dengancara pendinginan, dan memutus rantai reaksi seperti kebakaran hutan, kita potong sebagian pohon agar terputus penyebaran api.

Narator: ilham
Editor: RA Karamullah

Komentar