Aksi “Burung Besi” di Stadion Mini Unsyiah

Sabtu, 11 November 2017 | Dilihat: 296 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Seulawah RI 001, dimasanya mengepakkan sayap mengantar perjalanan presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Peran “Seulawah” saat itu sangat signifikan. Ia mengantar Soekarno ke sejumlah tempat, tak hanya dalam misi mempersatukan bangsa demi mempertahankan kemerdekaan, namun beberapa perjalanan diplomatik dalam misi membangun NKRI.

Di Jaman Now, “Seulawah” kembali “hidup” lewat tangan-tangan inovasi sekelompok anak Aceh dengan menjadi nama team Robot Terbang Universitas Syiah kuala, Banda Aceh.

Robot terbang karya tim Seulawah dari BEM Fakultas Teknik itu, baru-baru ini bahkan mejeng di ajang Unsyiah Fair 2017, AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh.

Dari lima karya yang sudah dihasilkan sejak 2015, dua diantaranya kini sudah diberi nama, yakni Malem Diwa 1.0 dan Aneuk Kleung X 01.

Dan, tak hanya mejeng, kami berkesempatan melihat demo “burung besi” karya team Seulawah Unsyiah ini.

Robot terbang ini sendiri rencananya juga akan ‘unjuk gigi’ pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2017 di Surabaya.

Di umurnya yang masih muda, team Seulawah yang beranggotakan 14 orang ini sudah menyumbang dua penghargaan, teknis terbaik untuk vertikal take off and landing dan pendatang baru untuk divisi funjet.

Inovasi terbaru mereka yaitu menggunakan daya magnet sebagai pengganti pengait untuk mengangkat beban.

Ya, robot terbang karya team Seulawah ini memberi manfaat praktis di bidang kontruksi dan restoran, yaitu mengangkat benda.

Kita tunggu saja karya-karya terbaru dari Seulawah Muda.

Narator: Nurul Hayati
Editor: RA Karamullah

Komentar