Gelar Pembinaan Gampong Adat di Aceh Timur, Ini Harapan Majelis Adat Aceh

Senin, 21 Oktober 2019 | Dilihat: 34 kali

SERAMBITV.COM, IDI RAYEUK – Lembaga Majelis Adat Aceh (MAA) Provinsi Aceh, menggelar kegiatan Pembinaan Gampong Percontohan Adat, di Idi Rayeuk, Aceh Timur, Senin (21/10/2019).

Kegiatan diikuti Keuchik, Tuha Peut, Imum Mukim serta sepuluh ketua MAA kecamatan dalam wilayah Aceh Timur.

Plt Ketua MAA Aceh, Saidan Nafi mengatakan, pemerintah Aceh dan kabupaten/kota saat ini memberikan perhatian serius terhadap tatanan kehidupan adat masyarakat Aceh.

Hal ini dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pemerintah Aceh, melalui program Aceh Hebat dan Aceh Meuadap, dengan tujuan untuk mengembalikan titah Aceh sebagai daerah Serambi Mekkah.

Sejauh ini, kerjasama MAA dengan Polda Aceh melalui Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), terlihat bahwa tokoh-tokoh adat masih berperan dalam menyelesaikan 18 perkara adat di desa.

Kondisi ini juga menjadi indikator penerapan peradilan adat sudah berjalan di Aceh, hanya saja perlu dilakukan pembinaan untuk mewujudkan SDM yang handal.

Diharapkan, pemangku adat bekerjasama dengan FKPM di desa dapat mendeteksi dini setiap persoalan adat sehingga dapat diselesaikan melalui peradilan adat.

Sebelumnya Asisten II Setdakab Aceh Timur, Usman A Rachman, yang hadir mewakili bupati, berharap kegiatan ini mengedukasikan kembali setiap persoalan adat di tingkat gampong dapat diselesaikan secara hukum adat melalui musyawarah, dan mufakat.

Narator: Reza Munawir
Editor: Reza Munawir