Gadis Aceh Nyaris Dijual di Malaysia

Jumat, 4 Oktober 2019 | Dilihat: 1,179 kali

SERAMBITV.COM, KUALA LUMPUR – Cerita-cerita tentang gadis-gadis Aceh yang dijual di Malaysia ternyata bukan isapan jempol.

Beberapa hari lalu, warga Aceh di Malaysia dihebohkan dengan kabar tentang seorang gadis asal Lhokseumawe yang menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking).

Si gadis, sebut saja Cinta (20), dijual oleh agen di Aceh Timur kepada agen di Malaysia.

Dia sempat dua minggu berada dalam penguasaan sang agen, hingga kemudian diselamatkan oleh komunitas Aceh di Malaysia.

Bagaimana kisahnya? Berikut laporan wartawan Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur yang melakukan liputan ke Malaysia, beberapa hari lalu.

Cinta sudah empat tahun tidak berjumpa dengan ibunya. Selama empat tahun itu pula, dia memendam rindu bertemu sang ibu yang kabarnya bekerja di Malaysia.

Ia pun meminta izin sang ayah untuk pergi ke Malaysia, bertemu ibu tercinta. Sayangnya, Cinta tak tahu alamat sang bunda.

Dia juga tak pernah pergi ke Malaysia. Sehingga dia hanya bercerita kepada orang-orang tentang keinginannya menyongsong sang bunda ke negeri jiran.

Kabar tentang gadis Cinta yang sedang galau ini terdengar oleh seseorang yang biasa memfasilitasi kepergian orang-orang Aceh ke Malaysia. Dia pun datang menawarkan jasa, membawa Cinta ke Malaysia, bekerja sekaligus bertemu sang bunda.

Tawaran ini benar-benar menghipnotis Cinta. Apalagi, si pria itu menawarkan jasa tanpa biaya. Dia menanggung semuanya, mulai dari paspor hingga tiket pesawat pergi ke Malaysia.

Cinta pun tak perlu risau, karena di Bandara Malaysia, dia akan dijemput oleh seseorang yang akan membawanya bekerja sekaligus bertemu sang bunda.

Singkat cerita, pada awal September 2019, berangkatlah Cinta ke Malaysia. Dia diantar oleh pria tersebut ke Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, dengan menumpang bus dari terminal Lhokseumawe.

Tiba di Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Cinta telah ditunggu oleh seseorang yang menjemputnya. Dia langsung dibawa ke kawasan Semenyih, Selangor Malaysia.

Namun, harapan Cinta bertemu sang bunda hanya sia-sia belaka. Sudah dua pekan di Malaysia, dia menghabiskan hari-harinya sebagai pembersih rumah tangga. Berganti-ganti rumah setiap harinya.

Bagaimana akhir cerita Cinta? Simak liputannya di Serambi Indonesia edisi Sabtu 5 Oktober 2019.

Narator: ILHAM
Editor: Hari Mahardhika