[Rangkuman] Ketika Mahasiswa Aceh Bersatu, Menyesaki Gedung DPRA dan Jalanan Kota

Jumat, 27 September 2019 | Dilihat: 41 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Ribuan mahasiswa berkumpul di Banda Aceh, menggelar unjuk rasa di Simpang Lima Banda Aceh dan Gedung DPRA, Kamis (26/9/2019).

Pada titik kumpul pertama di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh, mahasiswa memulai orasinya secara bergantian, menyuarakan penolakan terhadap hasil revisi UU KPK, berikut sejumlah RUU KUHP dan beberap lainnya.

Tak ketinggalan, beragam poster diusung, berisi sindiran terhadap kebijakan yang dikritisi.

Ada 700 petugas keamanan yang setidaknya mengawal aksi damai ini. Jumlah massa yang begitu banyak bahkan membuat polisi menutup sementara akses lalulintas dari simpang Jambo Tape hingga ke Simpang Lima.

Kosenterasi massa kemudian berpindah ke Gedung DPRA. Disini, penampilan teatrikal menjadi pembuka aksi mahasiswa. Sayangnya, proses pengambilan video tak berjalan baik, karena massa mendesak awak media untuk mundur.

Aksi ini juga berlanjut ke dalam ruang sidang utama DPRA. Tak hanya mahasiswa, terlihat juga beberapa peserta aksi berseragam siswa sekolah menengah atas.

Sementara beberapa mahasiswa berdialog dengan wakil ketua DPRA, T Irwan Djohan, beberapa lainnya tampak duduk di kursi dewan dan bahkan di lantai.

Ada tuntutan lain disini, yakni meminta DPRA agar mendatangkan 13 anggota DPR RI asal Aceh. Namun, Irwan Djohan menyebut pihaknya tak berwenang, kecuali oleh pimpinan partai politik.

Narator: Reza Munawir
Editor: Reza Munawir