Enam Hektare Hutan Digunduli, Haji Uma ke Lokasi

Minggu, 28 Juli 2019 | Dilihat: 138 kali

SERAMBITV.COM, LHOKSUKON – Sekitar enam hektare hutan dari target 168 hektare tahun ini yang berada di kawasan Desa Pulo Meuria, Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, sudah digunduli oleh PT Rencong Pulp and Paper Industry (RPPI) dengan alasan penanaman sengon dan jabon.

Hal itu diketahui saat Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman akrab disapa Haji Uma ke lokasi tersebut bersama staf M Daud pada Minggu (28/7/2019). Haji Uma dikawal sejumlah personel Polres Lhokseumawe.

Haji Uma menyebutkan sebelumnyan dirinya mendapat laporan dari masyarakat, yang mengaku khawatir dengan hadirnya perusahaan. Karena penebangan hutan tersebut dapat berdampak kepada ekosistem hutan.

Manager Operasional PT RPPI, Fondes Manurung menyebutkan, rencana kerja tahunan (RKT) tahun 2019 pihaknya memiliki 168 hektare yang bisa digarap, sebagai hutan produksi areal kemiringan 40 persen, sesuai HTI bisa menebang mulai dari diameter 10 cm ke atas yang terbagi ke dalam beberapa kelas kayu campuran dan meranti.

Pembukaan lahan oleh perusahaannya sudah sesuai aturan dan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ujar Fondes. Setelah melakukan penebangan, Fondes menyebutkan akan melakukan penanaman pohon sengon dan jabon sebagai bahan baku pabrik yang ada di Pelabuhan Krueng Geukueh, Aceh Utara, untuk memproduksi triplek.

Narator: Ardiansyah
Editor: Hari Mahardhika