Ketupat, Rayakan Hangat Kebersamaan

Selasa, 4 Juni 2019 | Dilihat: 29 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Bagi sebagian orang, tak lengkap rasanya merayakan Lebaran tanpa kehadiran ketupat. Menjelang hari raya, anda akan mudah mendapati para perajin ketupat menjajakan kreasi kerajinan tangan tersebut. Pemandangan itu terlihat di Jalan WR Supratman, Peunayong, Banda Aceh, Senin (3 Juni 2019).

Satu di antaranya adalah Lidawati. Perempuan asal Neuhun, Kecamatan Kajhu, Aceh Besar ini mulai menjajakan bungkus ketupat sejak pagi hari. Selain menyiapkannya di rumah, ia dan sejumlah perajin lainnya juga menganyamnya di tempat mereka berjualan. Dijual dengan harga Rp 5 ribu per ikat, anda bisa memilih aneka warna dan ukuran sesuai selera.

Hal itu juga dilakoni Nek Ramlah, warga Kecamatan Montasik, Aceh Besar. Ia dibantu dengan anak-anaknya mengolah bungkus ketupat untuk kemudian dijual di Pasar Peunayong. Jika Lebaran tahun lalu, dalam sehari ia bisa memperoleh hingga Rp 400 ribu, namun tahun ini pendapat yang didapat kurang menggembirakan.

Berbungkus-bungkus ketupat yang dijalin indah itu menunggu pembeli. Merayakan hangat kebersamaan dalam jalinan silaturahmi.

Narator: Ilham
Editor: Hari Mahardhika