26 Ulama Kharismatik di Aceh Dukung Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno pada Pemilu 2019

Jumat, 12 April 2019 | Dilihat: 999 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 26 ulama kharismatik di Aceh memberikan dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno pada Pemilihan Presiden 17 April 2019.

Dukungan tersebut disertai dengan penyampaian nota kesepahaman pokok pikiran ulama Aceh, yang harus dijalani oleh Prabowo-Sandi, jika nantinya terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Perwakilan ulama Aceh, Tgk HM Yusuf A Wahab atau akrab disapa Tu Sop Jeunib, dalam konferensi pers di Banda Aceh, Jumat (12/4/2019) mengatakan, nota kesepahaman tersebut sudah diteken oleh semua ulama serta Prabowo-Sandi. Nota kesepahaman itu memuat sembilan poin menyangkut dengan kemaslahatan Aceh.

Di antaranya, meminta komitmen Prabowo-Sandi melaksanakan syariat Islam yang berlandaskan sejarah dan kultur masyarakat Aceh, yaitu Ahlussunnah Wal Jama’ah.

Selain itu, meminta Prabowo-Sandi mendukung perdamaian di Aceh dengan prinsip kemanusiaan dan keadilan, yang menjunjung tinggi keistimewaan dan kekhususan Aceh dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sesuai dengan nota kesepahaman (MoU) Helsinki.

Selanjutnya, berkomitmen memperkuat peran ulama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik di Aceh, berkomitmen mempertahakan dana otonomi khusus Aceh (DOKA), dan berkomitmen mengoptimalkan kewenangan dan fungsi Lembaga Wali Nanggroe.

Yang terpenting lainnya adalah, Prabowo-Sandi berkomitmen melibatkan ulama Aceh dan komponen cendikiawan sebagai penasihat dalam merumuskan kebijakan-kebijakan strategis.

Narator: Ardiansyah
Editor: Reza Munawir