Kreatif, Desainer Muda Tampilkan Rancangan Kostum Unik Low Budget

Jumat, 16 November 2018 | Dilihat: 73 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Kostum menjadi bagian tak terpisahkan dalam suatu even. Kehadirannya menjadi bagian penting untuk menegaskan identitas atau konsep acara yang diusung. Sejumlah ajang digelar untuk menjaring talenta muda. Seperti halnya inspirasi yang bisa datang darimana saja, para desainer muda ini tak kehabisan ide untuk pemilihan material. Kreativitas tanpa batas.

Mengusung tema etnik, Cut Putri Kausaria (30) menyulap bahan yang notabenenya sampah menjadi busana adat. Mengambil tema ‘Kejayaan Samudra Pasai’, ia merancang sepasang gaun pengantin adat Aceh berbahan dasar sedotan dan tutup botol. Sebagai daerah yang dikenal dengan surga penikmat ‘si bubuk hitam’ dengan keberadaan warung kopi yang menjamur, ketersediaan kedua bahan tersebut melimpah. Tutup botol dijadikan sebagai koin, yang merupakan simbol kegemilangan kerajaan Islam pertama di nusantara ini. Karya sarjana teknik itu mendulang prestasi dengan menyabet juara umum dalam pagelaran ‘Parade busana daerah ke-10 2018’ di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Low budjet sekaligus ramah lingkungan.

Masih dalam tema kostum unik dengan material ramah di kantong, Rosdiana (31) mendesain gaun yang terinspirasi dari mancanegara. Gaun tersebut lantas dimodifikasi dengan tidak melupakan kearifan lokal dan memakai material kain yang mudah didapat. Dua di antaranya yaitu Hanbok Korea dan kostum barbie, yang terinspirasi dari boneka asal Amerika yang ikonik. Rancangannya ini cocok dijadikan untuk konsep foto pre wedding atau festival.

Nah! guys itu dia desainer muda Aceh yang berkreasi dengan kostum unik rancangannya. Semoga menginspirasi ya!

Dari Banda Aceh, Tim Millenials, Serambi On Tv

Narator: Nurul Hayati
Editor: RA Karamullah