Gubernur Militer Aceh Teungku Muhammad Daud Beureueh Difilmkan

Minggu, 30 September 2018 | Dilihat: 1,224 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Kisah Teungku Muhammad Daud Beureueh difilmkan pada film pendek Surat Kaleng 1949 yang di sutradarai oleh Fauzan Santa.

Saat Serambi TV menyambangi lokasi shooting di komplek SMA 1 Kota Banda Aceh pada Minggu (30/09/2018) sutradara mengatakan bahwa film ini mengangkat cerita sejarah nasionalisme orang Aceh terhadap perjuangan Indonesia pada awal revolusi.

“Adanya surat kaleng dari Van Mook utusan Belanda untuk mendirikan Negara Sumatera, namun Teungku Muhammad Daud Beureueh saat itu lebih memilih ingin memperkuat pertahanan Indonesia yang sudah dikuasai oleh Belanda” jelas Fauzan.

Film berlatarkan tahun 1949 ini menampilkan Artis Nasional Teuku Rifnu Wikana sebagai aktor utama Teuku Muhammad Daud Beureuh. Rifnu adalah orang Aceh yang tinggal di Jakarta merasa bangga dapat memberi yang terbaik untuk Aceh di film orang Aceh ini.

Proses shooting yang telah dimulai sejak kamis lalu di kawasan Banda Aceh, rencananya akan dirilis pada Desember mendatang. Film ini juga telah melewati seleksi ide cerita oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Fasilitasi Film tahun 2018.

Film debutan karya anak Aceh ini ditulis naskah oleh Azhari Meugit, Director of Photography oleh Jamaluddin Phonna dan Art Director oleh Iskandar yang baru saja meenyelesaikan Pascasarjana di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Narator: ardiansyah
Editor: RA Karamullah