Warga Tuntut Aktifitas Tambang Emas di Beutong Ateuh Ditutup

Minggu, 23 September 2018 | Dilihat: 45 kali

SERAMBITV.COM, SUKA MAKMUE – Warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya Sabtu (22/9/2018) kembali meminta pemerintah untuk menutup semua aktivitas tambang emas PT Emas Mineral Murni (PT EMM) di daerah itu.

Ratusan warga berkumpul di halaman kantor Camat Beutong Ateuh dengan memampangkan poster dan spanduk yang bertuliskan penolakan terhadap aktivitas pertambangan untuk dihentikan di wilayah tersebut.

Pernyataan sikap itu disampaikan langsung oleh Tgk Laksana Diwa mewakili ratusan lainnya dihadapan Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham. Selain itu juga ikut hadir Dandim 0116 Letkol Kav Nanak Yuliana, Kapolres AKBP Giyarto, Kajari Nagan Raya Sri Kuncoro, Sekda TR Johari, para kepala SKPK dan Camat Beutong Ateuh Banggalang yang berlangsung di Kantor Camat Beutong Ateuh Banggalang di jalan lintas Beutong-Takengon.

Dalam tuntutan tersebut warga meminta pemerintah agar membatalkan izin dan seluruh kegiatan pertambangan supaya dihentikan di wilayah itu, karena akan merusakan alam sekitar, pencemaran dan dapat menimbulkan bencana untuk warga setempat. Pemerintah Nagan Raya diminta menetapkan batas wilayah dengan Aceh Tengah dan memasang palang atau pengumuman penghentian kegiatan dan memulangkan personel dan aset PT EMM.

Seluruh tokoh masyarakat Beutong Ateuh Banggalang, beserta warga lainnya secara bersama-sama memadati halaman kantor camat, menyampaikan tuntutan dan perhatian pemerintah terhadap kondisi masyarakat di daerah itu.

Narator: ardiansyah
Editor: RA Karamullah