Sembalun Bumbung, Titik Gempa Lombok yang Jarang Terekspos Media

Jumat, 7 September 2018 | Dilihat: 13 kali

SERAMBITV.COM, LOMBOK – Sembalun Bumbung, adalah sebuah desa yang berada di kaki Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Desa didiami 7.685 jiwa (2.371 kepala keluarga) di delapan dusun ini berada di bekas kawah purba Gunung Rinjani.

Makanya, desa ini dikelilingi oleh bukit yang merupakan kaki Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Desa ini menjadi salah satu titik terparah yang dihantam gempa pada Agustus 2018 lalu. Namun, karena letaknya yang sulit dijangkau, kondisi desa ini nyaris luput dari liputan media mainstream.

Saat SerambiTV bertandang ke desa ini 30 Agustus lalu, hanya sedikit relawan kemanusiaan yang berada di desa ini. Di antara relawan itu terdapat empat anak muda asal Aceh Tamiang, yaitu dr Khairul Fahmi (tim medis), Rahmah Nur Rizki, Deni Supriani, dan Beri Syahputra, ketiganya tenaga trauma healing.
Mereka yang merupakan relawan Gerakan Berbagi Aceh Tamiang (Gebetan) bergabung dalam aksi Solidaritas Lombok yang dikoordinir oleh Sinergi Foundations.

Mereka terlihat senang saat pada 30 Agustus lalu dikunjungi oleh Anggota DPR Aceh asal Aceh Tamiang, Asrizal H Asnawi dan Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Safaruddin SH.

Meski tidak separah keadaan di Lombok Utara, namun kondisi di Sembalun Bumbung juga sangat butuh penanganan serius. Selain banyak bangunan yang rusak parah dan bisa ambruk kapan saja, gemuruh longsoran batu di kaki Gunung Rinjani saat gempa susulan, membuat masyarakat setempat hidup dalam trauma.

Koordinator Lapangan untuk Aksi Solidaritas Lombok Sinergi Foundations, HB Sungkaryo, mengatakan, relawan Sinergi sudah berada di Lombok sejak tanggal 8 Agustus 2018, atau hari ketiga setelah gempa mengguncang. Sinergi menurunkan tiga tim, terdiri atas tim medis (dokter, bidan, dan trauma healing yang bekerja sama dengan Gerakan Berbagi Acen Tamiang).

Pada hari pertama Sinergi juga konsentrasi di Lombok Utara. Namun, beberapa hari kemudian mereka mendapat informasi bahwa ada satu desa di kaki Gunung Rinjani yang nyaris belum tersentuh relawan dan bantuan. Akhirnya, sinergi kemudian mengalihkan para relawannya untuk membantu masyarakat di desa dimaksud, yaitu Sembalun Bumbung.

HB Sungkaryo berharap, pemerintah dan lembaga kemanusiaan turut serta memberikan perhatian ke Desa Sembalun Bumbung, sama seperti perhatian kepada desa-desa lainnya di Lombok Utara dan Lombok Timur.

Narator: Ardiansyah
Editor: Reza Munawir