Objek Wisata Alam Buah Naga Hadir di Subulussalam

Senin, 20 Agustus 2018 | Dilihat: 98 kali

SERAMBITV.COM, SUBULUSSALAM – Kota Subulussalam, selama ini dikenal dengan hamparan hutan dan kebun kelapa sawit sehingga komoditas tanaman tersebut pun menjadi salah satu ikon daerah yang mekar 2 Januari 2007 itu. Namun, siapa sangka di tengah hamparan perkebunan kelapa sawit dan hutan asri kini terdapat satu destinasi yang dapat menjadi salah satu objek wisata alam perkebunan.

Tepat di puncak bukit kecamatan yang berbatasan dengan Singkohor, Aceh Singkil terdapat hamparaan kebun buah naga. Meski budidaya buah naga (dragon fruit) di Subulussalam termasuk baru, namun buah ini bakal menjadi salah satu ikon khas kota yang dikenal dengan sebutan Sada Kata itu.

Terletak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Subulusssalam, Desa Rantau Panjang, Kecamatan Longkib kini mulai dikenal sebagai salah satu sentral budidaya buah naga. Di sana, seorang warga bermarga Sembiring mulai mengenalkan tanaman buah naga hasilnya sangat memuaskan. Rupanya, sosok Sembiring memang sudah memiliki kebun di sejumlah daerah seperti Kalimantan, Binjai, Bandung, Pekanbaru, Brastagi termasuk Subulussalam.

Narator: achyar
Editor: RA Karamullah