Artefak Peninggalan Sejarah Asli Ada di Aceh History Expo

Kamis, 9 Agustus 2018 | Dilihat: 189 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Aceh History Expo menyediakan tempat bagi para pegiat sejarah Aceh untuk memamerkan berbagai peninggalan masa Kerajaan Aceh, mulai dari koleksi pemerintah, lembaga pengkajian sejarah, hingga koleksi pribadi yang berlangsung hingga Rabu (15/8/2018).

Berbagai bukti peninggalan sebelum Kerajaan Aceh Darussalam dan sesudahnya ini bisa dilihat di gedung gedung edukasi yang berada di Kompleks Museum Aceh, dekat Meuligoe (Pendopo) Gubernur Aceh.

Cisah, MAPESA, Pedir Museum, Sayed Art, The Hasan Tiro Centre, Pukat, Rumoh Manuskrip Aceh, Lembaga Asyraf Aceh, Glamour Pro adalah di antara lembaga-lembaga yang memamerkan koleksi, hasil penelitian, dan berbagai benda peninggalan Kerajaan Aceh masa lalu.

Seperti di stand Rumoh Manuskrip Aceh yang berada di lantai dua, menampilkan sejumlah karya agung dari ulama lintas zaman dan termasyhur di Aceh pada abad ke 17.

Beberapa manuskrip karya agung dari ulama lintas zaman ini di antaranya; Bustan Al Salatin, Sirat Al Mustaqim karya Syekh Nuruddin Ar Raniry, Mir’at Ath-Thullab dan Turjaman Al Mustafid karya Syekh Abdurrauf As Singkili.

Narator: ardiansyah
Editor: RA Karamullah