‘Goyang Lidah’ Dengan Rujak Blang Bintang

Jumat, 13 Juli 2018 | Dilihat: 116 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Bagi anda penikmat buah-buahan, tentu tak asing lagi dengan yang namanya rujak. Aroma yang ditebarkan potongan buah segar berpadu dengan racikan bumbu, siap membuat liur menetes.

Salah satu rujak kesohor dari Aceh Besar adalah rujak Blang Bintang. Tak lengkap berkunjung kemari, tanpa melahap kenikmatan kuliner khas setempat.
Seperti lazimnya, rujak menggunakan aneka buah seperti mangga, jambu, bengkoang, nenas, mentimun, pisang, dan sejenisnya. Buah lokal yaitu rumbia dan batok menjadi ciri khas rujak Blang Bintang. Menghasilkan kombinasi citarasa asam manis yang pas di lidah.

Istimewanya terletak pada bumbu yang menjadi pelengkap. Gula aren disiram ke atas potongan buah, ditambah kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar. Untuk menetralisir kental manis si gula aren, ditambahlah cabai rawit dan buah batok yang dikeruk dan diulek menjadi bumbu. Tak ketinggalan butiran kacang tanah goreng ditabur di atasnya.Membuat pengunjung ingin melahapnya sampai tandas.

Untuk menikmati seporsi rujak Blang Bintang cukup membayar Rp 8.000 saja, jika makan di tempat dan Rp 10.000 jika membawa pulang. Menyantapnya di pondok di tengah areal persawahan dengan panorama gugusan Bukit Barisan dijamin bakal membuat pengalaman menjajal lidah terasa lebih menyenangkan. Mengembuskan kesejukan di tengah hawa panas yang membekap Aceh. Seperti kesegaran yang ditawarkan racikan rujak Blang Bintang.

 

Narator: Nurul Hayati
Editor: RA Karamullah