Pengunjung ke Sabang Membeludak, Begini Suasana di Pelabuhan Balohan dan Uleelheue, Banda Aceh

Selasa, 19 Juni 2018 | Dilihat: 247 kali

SERAMBITV.COM, SABANG – Minat wisatawan untuk berkunjung ke Sabang sangat tinggi pada musim liburan Idul Fitri 1439 Hijriah (2018 Masehi).
Amatan Serambi TV, lonjakan penumpang ke Sabang mulai terjadi pada hari kedua Idul Fitri, Sabtu (17/6/2018). Enam kapal penyeberangan, tiga kapal cepat dan tiga kapal lambat, bolak balik mengangkut penumpang dari Pelabuhan Uleelheue, Banda Aceh, ke Balohan, Sabang, dan sebaliknya.

Angin kencang disertai hujan deras yang melanda Aceh, Senin (18/6/2018), memaksa pihak Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) menunda keberangkatan tiga kapal pada hari itu. Sehingga sempat terjadi penumpukan penumpang, di Balohan Sabang dan Uleelheue Banda Aceh.

Kapal baru diberangkatkan kembali pada Selasa (19/6/2018) pagi, ketika cuaca mulai membaik. Amatan Serambinews.com di Pelabuhan Balohan Sabang, terlihat antrean panjang warga yang hendak menyeberang ke Banda Aceh.

Di dalam kapal cepat pun, sempat terjadi cekcok di antara beberapa penumpang. Hal ini terjadi karena ada sejumlah penumpang yang tidak duduk di posisi yang sudah tertera pada tiket.

Pantauan Serambi TV, pada Selasa pagi, lima kapal bertolak dari Pelabuhan Balohan Sabang, dalam waktu hampir bersamaan, tiga kapal cepat dan dua kapal lambat, yaitu KMP BRR dan KMP Papuyu. Sedangkan KMP Tanjung Burang berangkat dari Uleelheue, Banda Aceh.

Penumpukan penumpang juga terlihat di Pelabuhan Uleelheue, Banda Aceh. Antrean sepeda motor dan mobil terlihat memenuhi seluruh area parkir di Pelabuhan Uleelheue. Sebagian pengunjung terlihat menitipkan kendaraannya di penitipan resmi dalam lingkungan Pelabuhan Uleelheue.

Pihak otoritas pelabuhan sampai menambah trip pelayaran agar bisa mengangkut seluruh penumpang.

Narator: ilham
Editor: RA Karamullah