Rahasia Kelezatan Mi Caluek Grong-Grong Ala Dua Bersaudara

Minggu, 10 Juni 2018 | Dilihat: 875 kali

SERAMBITV.COM, SIGLI – Aceh menyuguhkan rupa-rupa olahan mi. Jika anda berkunjung ke Kabupaten Pidie, jangan lewatkan mencicipi lezatnya mi caluk Grong-Grong. Caluk berasal dari bahasa lokal yang bermakna cocol. Mi caluk menggunakan olahan mi kuning yang terbuat dari tepung sebagai bahan utama. Yang membedakannya dengan mi Aceh adalah bahan pelengkap.

Adalah kakak beradik, Mardiana dan Nur Hayati, pedagang sekaligus peracik resep mi caluk. Hebatnya lagi, hampir semua bahan-bahan dihasilkan dari kebun sendiri.

Di dapur produksinya di Desa Beureuleung, Kecamatan Grong Grong, sedari subuh Mardiana dan Nur Hayati dibantu masing-masing para pekerjanya menyiapkan bahan. Mulai dari mengolah tepung hingga menjadi mi, membuat kuah kacang, tempe, jengkol, hingga meracik urap. Ya, tak heran kalau rasanya juara. Mi legendaris khas Grong Grong ini sudah ada sejak 1988.

Menariknya lagi, untuk menikmati kelezatan seporsi mi caluk cukup membayar Rp 1.000 saja. Anda bisa menemukan mi caluk ini di Pasar Grong-Grong setiap saban sore selama Bulan Ramadhan, atau mulai siang pada hari-hari biasa. Produksi mi caluk dua bersaudara ini juga telah dipasarkan hingga ke Jantho dan Keumala.

Narator: nurul hayati
Editor: RA Karamullah