Ini Dia Wawancara Saksi Mata di Lokasi Kejadian Sumur Minyak Terbakar

Rabu, 25 April 2018 | Dilihat: 6,161 kali

SERAMBITV.COM, IDI – Sumur minyak yang dibor secara tradisional oleh warga di Dusun Bhakti, Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, terbakar Rabu (25/4/2018) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Sumur minyak yang dibor secara tradisional oleh warga di lahan milik Zainabah, mengeluarkan minyak dan gas. Karena minyak telah menyembur keluar, dan mengalir di sekitar sumur, kemudian sejumlah warga berdatangan membawa ember untuk mengambil minyak yang telah tumpah tersebut. Bahkan, minyak tersebut mengalir mengikuti parit sekitar 500 meter.

Sekitar pukul 01.30 WIB, sumur meledak dan terjadi kebakaran, sehingga sejumlah warga terbakar dalam gelap tersebut.

Saksi lainnya warga setempat Fuad Mukhlis (30) kepada Serambi, mengatakan “Sekitar pukul 01.30 WIB, kami mendengar suara ledakan pertama, kemudian terjadi lagi ledakan kedua sehingga langit tampak terang dengan api membumbung tinggi,” jelas Fuad.

Pasca mendengar ledakan tersebut, Saat itu keadaan sangat panik, sejumlah korban berlarian menyelamatkan diri dengan kondisi tubuh terbakar. Kebakaran tampak sangat hebat, karena api juga membakar sejumlah rumah dan api juga mengikuti aliran minyak yang mengalir pada parit.

Sejumlah warga menyelamatkan diri dengan masuk ke dalam kolam, dan lumpur, dan ada juga yang berlari sampai ke jalan Peureulak-Lokop dengan kondisi tubuh terbakar meminta tolong.

Field Manager KSO Aceh Timur PT Kawai Energi, Robert, mengaku pihaknya belum mengetahui casing pipa yang digunakan untuk pengeboran minyak tersebut. Karena, pengeboran ini merupakan pengeboran illegal yang dilakukan warga.

Narator: ilham
Editor: RA Karamullah