Begini Kondisi Dalam Kabin Pesawat Dakota DC-3 Seulawah RI 001 di Blangpadang

Senin, 2 April 2018 | Dilihat: 1,399 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – PT Garuda Indonesia melalui Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia Garuda Indonesia Gruop melakukan perbaikan replika pesawat Dacota DC-3 Seulawah RI 001 yang kini dijadikan monumen di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Senin (2/4/2018).

Pantauan Serambinews dari dalam kokpit replika pesawat ini menyerupai pesawat yang asli, kokpit yang dilengkapi tempat duduk pilot dan co pilot, hingga instrumen lengkap pesawat layaknya pesawat asli.

Di bagian kabin pesawat Dakota DC-3 Seulawah dengan panjang badan 19,66 meter dan rentang sayap 28.96 meter ini dilengkapi tempat duduk penumpang yang saling berhadapan di sisi kiri dan kanan.

Selain rusak, bagian dalam pesawat ini juga dipenuhi tumpukan sampah bekas makanan dan botol bekas air mineral.

Pengawas lapangan proyek pemugaran dan perbaikan pesawat ini, Ferdianto mengatakan pihaknya menurunkan tujuh kru dari GMF Jakarta yang dibantu oleh siswa Sekolah Penerbangan Aceh untuk memperbaiki kerusakan replika ini.

Setelah kami cek pesawat ini mengalami kerusakan hampir 50 persen seperti korosi, kaca yang pecah, badan pesawat yang bolong, hingga pengecatan ulang.

Dia menambahkan, pesawat replika ini dibuat dengan bahan aluminium layaknya pesawat asli, bahan alumunium ini juga didatangkan dari Jakarta. Pengecatan juga akan dilakukan menggunakan cat pesawat.

Proyek ini ditargetkan selesai 16 hingga 20 hari ke depan sebelum HUT Ke-813 Kota Banda Aceh.

Narator: ILHAM
Editor: RA Karamullah