Menteri Agama Tanggapi Soal Jamaah Nyanyi dan Baca Pancasila Saat Ibadah Sa’i

Rabu, 28 Pebruari 2018 | Dilihat: 876 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Dalam beberapa hari terakhir, publik Indonesia dihebohkan dengan tingkah jamaah umrah asal Indonesia yang bernyanyi dan membaca ikrar Pancasila saat melaksanakan sa’i dalam ibadah umrah di Mekkah, Arab Saudi.

Dua vidoe, yakni video jamaah bernyanyi bersama-sama dan membaca ikrar pancasila itu viral melalui kanal youtube, setelah diunggah oleh beberapa pengguna akun tersebut.

Karena aksi para jamaah umrah asal Indonesia itu, Duta Besar RI di Arab Saudi disebut-sebut mmendapat protes keras dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Saifuddin yang ditanyai Serambinews.com, saat dirinya berkunjung ke Kampus UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Rabu (28/2/2018), menjawab sedikit banyaknya perihal tersebut.

Ia menjelaskan, Kemenag pada dasarnya sudah mengeluarkan petunjuk manasik untuk ibadah umrah dan haji. Di dalam edaran petunjuk itu kata Lukman Hakim, sudah dijelaskan seperti apa bacaan atau doa-doa yang baik saat beribadah tawaf, sa’i, dan ibadah lainnya.

“Bacaannya diisi dengan doa-doa dan zikir-zikir. Bentuknya seperti apa, tentu masing-masing kita bisa memilih mana doa-doa terbaik mana zikir terbaik,” kata Menag, Lukman Hakim didampingi Rekrot UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim MA.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam melafalkan doa saat ibadah sa’i atau tawaf, harus betul-betul mempertimbangkan prinsip-prinsip kepatutan dan kapantasan. Menurutnya itu penting, karena agama tidak hanya terkait dengan logika semata, tapi juga dengan rasa.

“Walaupun kita baca doa berzikir, tapi kalau sambil teriak-teriak pasti mengganggu jamaah yang lain, juga kekhusyukan,” sebutnya.

Ditanya apakah aksi para jamaah umrah asal Indonesia itu salah, Menag Lukman Hakim tak mau memvonis itu salah atau benar. “Saya tidak bicara salah dan benar, biarlah itu porsi ulama, karena saya ini umara saya tidak punya kewenangan ini salah atau benar. Tanyakan pada ahlinya kepada ulama,” pungkas Lukman Hakim.

Kedatangannya ke kampsu UIN Ar-Raniry hari ini dalam rangka meresmikan gedung Fakultas Ekonomi dan Bisis Islam (FEBI) serta gedung fakultas Psikologi. Sebelumnya, Menag juga meresmikan gedung kuliah baru di kampus STAIN Gajah Putih, Takengon, Aceh tengah.

Narator:
Editor: RA Karamullah