Di Simeulue Mulai Menggunakan Perahu Fiber

Kamis, 1 Pebruari 2018 | Dilihat: 160 kali

SERAMBITV.COM, SINABANG – Para nelayan di kepulauan Simeulue, secara bertahap saat ini mulai menggunakan perahu yang terbuat dari bahan baku fiber. Pasalnya, selain tahan lama juga dari segi perawatan dinilai lebih mudah dari perahu yang terbuat dari bahan kayu. Hal ini disampaikan, Taufik, selaku pembina koperasi nelayan yang memproduksi perahu fiber di Teupah Selatan, Simeulue, Rabu (31/1/2018).

Karena banyak dilirik dan sudah banyak digunakan para nelayan di Simeulue, menurut Taufik, pihaknya langsung mendatangkan tenaga ahli yang sudah berpengalaman untuk pembuatan perahu fiber di Simeulue, didatangkan dari Pangandaran. “Sudah tidak diragukan nelayan ketangguhan perahu fiber. Makanya kita datangkan yang membuat dari Pangandaran. Secara perlahan, perahu yang dibuat dari kayu mulai beralih ke perahu fiber,” katanya.

Sejak mulai diproduksi perdana perahu fiber di kawasan itu, sudah banyak nelayan yang datang langsung ke lokasi, bahkan ada nelayan dari Pulau Banyak, yang berminat untuk membeli perahu tersebut. “Kalau perahu kayu bisa bertahan 4-5 tahun kalau dirawat dengan bagus. Tapi perahu fiber dengan kualitas bagus bisa lebih sepuluh tahun bertahan jika dirawat,” imbuhnya, seraya menyebut dengan perahu fiber dapat mengatasi ketergantungan kayu kualitas bagus yang makin sulit diperoleh di wilayah kepulauan itu.

Narator: ardiansyah
Editor: RA Karamullah