Kapal Ikan Malaysia Ditangkap Saat Mencuri Ikan di Selat Malaka

Minggu, 28 Januari 2018 | Dilihat: 85 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Petugas patroli dari Kementerian Kelautan Perikanan melalui Pangkalan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Lampulo, Banda Aceh kembali menangkap kapal asing.

Kali ini satu unit kapal penangkap ikan berbendera Malaysia SLFA4935 bersama empat Anak Buah Kapal (ABK) warga negara Myanmar saat mencuri ikan di perairan Selat Malaka, Rabu (24/1/2018).

Kapal berbendera Malaysia ini ditangkap pada saat kapal patroli HIU 12 milik PSDKP Lampulo Banda Aceh melakukan patroli dikawasan Selat Malaka dan mendeteksi adanya kapal asing, dikejar dan dilakukan penangkapan.

“Ini kapal Malaysia, cuma pada saat ditangkap tidak memasang benderanya dan diawaki oleh empat orang ABK yang berasal dari Myanmar,” ujar Kepala Subbagian Tata Usaha Pangkalan PSDKP Lampulo, Banda Aceh, Herno Hardianto saat ditemui di Pelabuhan Lampulo, Minggu (28/1/2018).

Dia menambahkan, saat ini ABK dari kapal tersebut masih ada di kapal patroli HIU 12 dan belum diserahkan ke penyidik PSDKP Lampulo, Banda Aceh.

Barang bukti berupa satu unit kapal SLFA4935 berkapasitas 29 GT dan ikan hasil tangkapan lebih kurang sebanyak 150 kilogram beserta seluruh isinya kini sudah diamankan di Pelabuhan Samudra Lampulo, Banda Aceh.

Nama-nama ABK kapal, Nyo Win Aung (32), Win Su Ming (20), Moe Moe (29), So Min (34).

Narator: ilham
Editor: RA Karamullah