Anak Jalanan Hingga Waria Ditertibkan di Banda Aceh

Selasa, 9 Januari 2018 | Dilihat: 355 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Sebanyak tiga orang anak jalanan/pengamen, pengemis, hingga waria diamankan oleh petugas Satpol Pp Banda Aceh, Senin (8/1/2018) malam hingga Selasa (9/1/2018) dinihari, di sejumlah titik dalam Kota Banda Aceh.

Mereka yang diamankan, terdiri atas 20 orang pengemis, termasuk anak dibawah umur, 9 orang anak jalanan, serta 4 orang waria. Saat ini mereka sudah ditempatkan di Rumah Singgah, Gampong Lamjabat, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.

Berdasarkan informasi diperoleh Serambinews dari Kasatpol PP Dan WH Banda Aceh, Yusnardi, pada Senin malam sekitar pukul 22.00 WIB personelnya bergerak menuju Peunayong untuk mengamankan anak jalanan.

Selanjutnya, petugas manargetkan penertiban pengemis yang biasa berada di kawasan tempat kuliner. Namun semalam petugas tidak menemukan lagi pengemis satu pun.

Menurut Yusnardi, saat petugas menertibkan anak jalanan diketahui oleh pengemis, sehingga mereka langsung kembali ke Goheng, Seutui. Tempat tersebut selama ini menjadi persinggahan sementara bagi para pengemis dari luar daerah.

Sehingga petugas langsung menuju ke Goheng, karena sebelumnya mereka sudah mendapatkan keluhan dari masyarakat Goheng mengenai banyaknya pengemis yang tinggal di kawasan itu. Akhirnya malam itu petugas mengamankam 20 pengemis.
Terakhir, sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, mereka mengamankan empat orang di kawasan Simpang Lima dan Terminal Keudah.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, para pengemis yang rata-rata berasal dari luar daerah itu akan dikembali ke asal masing-masing. Serta diminta membuat perjanjian supaya tidak lagi kembali ke Banda Aceh.

Sedangkan untuk jalanan dan waria, kata Wali Kota, pihaknya akan melakukan pembinaan supaya mereka meng ubah kebiasaannya yang dilakukan saat ini.
“Kita akan terus melakukan razia dan penertiban sampai mereka benar-benar tidak beraktivitas lagi,” ujarnya.

Narator: ardiansyah
Editor: RA Karamullah