Aksi Heroik Laksamana “Malahayati” di Lapangan Blangpadang Banda Aceh

Jumat, 10 November 2017 | Dilihat: 522 kali

SERAMBITV.COM, BANDA ACEH – Pertunjukan drama kolosal ‘Malahayati’ ditampilkan di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Jumat (10/11/2017) pagi.

Selain mengisi peringatan Hari Pahlawan, pertunjukan ini juga menjadi persembahan khusus atas pengukuhan sang Laksamana sebagai pahlawan nasional.

Melibatkan 600-an pelakon dari Sanggar Buana Rindam Iskandar Muda, pengunjung disuguhkan adegan-adegan heroik sang srikandi dalam melawan penjajahan kolonial Belanda maupun Portugis.

Diceritakan pula, tak hanya tangguh di lautan, armada inoeng balee pimpinan Malahayati juga berjaya dalam pertempuran darat.

Malahayati juga dikisahkan pandai melakukan diplomasi hingga Kerajaan Belanda mengirim admiral penggantinya untuk menyampaikan permohonan maaf kepada Kesultanan Aceh.

Reputasi Laksamana sebagai penjaga kesultanan Aceh juga membuat Inggris lebih memilih langkah diplomasi, untuk memasuki Selat Malaka.

Bahkan Ratu Inggris, Elizabet I mengirim utusan yang menghasilkan perjanjian pembukaan rute kapal dagang Inggris ke Cawang, dengan disusul pembukaan kantor Cabang Inggris di Banten.

Narator: Reza Munawir
Editor: Reza Munawir