Gara-Gara Kabut Asap, Wings Air Batalkan Penerbangan ke Nagan Raya

Rabu, 26 Juli 2017 | Dilihat: 146 kali

SERAMBITV.COM, SUKA MAKMUE – Puluhan calon penumpang pesawat udara Wings Air yang akan terbang melalui Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Rabu (26/7/2017) siang gagal terbang menyusul dibatalkan penerbangan pesawat ini yang bertolak dari Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Gagalnya calon penumpang dari Nagan Raya dan Medan diberangkatkan setelah kondisi cuaca untuk penerbangan dan pendaratan pesawat tak bisa dilakukan, karena terganggu kabut asap yang melanda sebagian besar wilayah pesisir Nagan Raya dan Aceh Barat. Akibatnya, puluhan calon penumpang yang sebelumnya sudah berada di gedung terminal terpaksa keluar setelah pihak maskapai mengumumkan bahwa penerbangan dibatalkan.

Sejumlah calon penumpang yang mengetahui pembatalan ini langsung memadati ruangan costumer service bandara guna meminta kejelasan penerbangan selanjutnya. Bahkan beberapa penumpang terlihat marah-marah, setelah tiket mereka yang dibeli dengan tujuan Medan-Semarang tidak terbang menggunakan Wings Air.

Menurutnya, harusnya maskapai tidak memotong biaya tiket karena kesalahan tersebut bukan dari calon penumpang, sehingga warga yang sebelumnya tidak bisa diberangkatkan tidak merugi dua kali.

Sementara itu, Pimpinan Wings Air Area Meulaboh, Andi Siswanto mengatakan, pembatalan ini dilakukan setelah jarak pandang di landasan pacu bandara setempat hanya sekitar 1.850 meter dan berada jauh dibawah rata-rata jarak pandang diatas 5.000 meter. Menyangkut dengan adanya pemotongan tiket sebesar 10 persen, hal ini sesuai dengan aturan Menteri Perhubungan apabila adanya pembatalan penerbangan karena faktor cuaca, pihak maskapai memotong biaya tiket sebesar 10 persen dari harga.

Narator: Ardiansyah
Editor: Hari Mahardhika