Lebaran International di Gampong Aree

Jumat, 30 Juni 2017 | Dilihat: 1,597 kali

SERAMBITV.COM, SIGLI – Tradisi merantau sudah mendarah daging bagi warga Gampong Aree, Kecamatan Delima, Kabupaten Pidie. Maka tidak mengherankan jika kawasan permukiman warga yang terdiri atas 14 desa ini, sepi pada hari-hari biasanya.

Namun, jika Lebaran tiba, perkampungan yang berjarak sekitar 8 kilometer dari kota Sigli ini, selalu ramai dan meriah. Puluhan mobil dari berbagai merek dan nomor polisi luar daerah, wara-wiri di jalan-jalan kampung.

Malamnya, mobil-mobil milik para perantau ini diparkir di pinggir jalan dan pekarangan meunasah atau masjid. Karena lorong-lorong ke rumah warga sangat sempit.

Beberapa warga yang ditemui Serambi TV memperkirakan jumlah warga asal Gampong Aree yang merantu mencapai ribuan orang. Untuk luar negeri, sebagian besar di Malaysia, Australia, Arab Saudi, hingga Kanada.

Mereka sudah puluhan tahun berada di perantauan dan beranak cucu di negeri orang. Meski demikian, anak-anak ini tetap menguasai bahasa Aceh dan Indonesia.

Seperti Sevina, generasi kedua asal Gampong Aree yang lahir dan besar di Australia. Savina kini menempuh pendidikan di junior high school (setingkat SMP).

Lalu ada juga keluarga Mustafa yang kini sudah menjadi warga negara Australia.

Jika bertemu dengan sanak famili di Gampong Aree, anak-anak ini berbicara dalam bahasa Aceh maupun Indonesia. Namun, saat berbincang dengan kakak atau adiknya, mereka kerap menggunakan bahasa Inggris.

Sehingga, saat lebaran tiba, Gampong Aree kerap dijuluki sebagai gampong internasional.

Narator: ardiansyah
Editor: RA Karamullah