Penangkapan Silver Sea 2, Menteri Susi Pudjiastuti Kunjungi Sabang

Sabtu, 26 September 2015 | Dilihat: 3,248 kali

SERAMBIONTV, BANDA ACEH – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Jumat (25/9/2015) mengunjungi Sabang. Susi datang untuk melihat langsung kapal Silver Sea 2, yang ditangkap pertengahan Agustus lalu.

Sejak ditangkap, kapal berbendera Thailand itu saat ini masih diamanakan di dermaga Lanal Sabang. Kapal itu dituding melakukan transhipment di tengah laut dan keberedaannya sering tidak dilaporkan.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan Silver Sea 2 menampung ikan dari kapal-kapal yang mencuri ikan dari perairan Indonesia. Proses hukumnya sejauh ini sudah menetapkan nahkoda Silver Sea 2, Yotin Kuarabiab sebagai tersangka.

Meski demikian, Susi mengaku bahwa hubungan bilateral antara kedua negara akan lebih dikedepankan dalam penyelesaian kasus ini.

Sementara itu, Perusahaan Silver Sea Fishery Co.Ltd, pemilik kapal Silver Sea 2, mempraperadilankan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Cq Cq Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Cq Satuan Kerja (Satker) PSDKP Belawan, Medan, ke Pengadilan Negeri (PN) Sabang.

Hendri Rivai Cs yang ditunjuk sebagai kuasa hukum menyebut tuduhan terhadap kapal Silver Sea 2 tidak berasalan karena memiliki surat lengkap saat berlayar.

Kapal kliennya itu diklaim berlayar di jalur perairan internasional dalam perjalanan dari Papua New Nugini menuju Provinsi Samutsakorn, Thailand pada 30 Juli 2015, bukan dalam wilayah laut Indonesia.

Narator:
Editor: Reza Munawir