Isiden Atap Roboh Warnai Sidang Isbat di Aceh

Rabu, 17 Juni 2015 | Dilihat: 1,684 kali

SERAMBIONTV, BANDA ACEH – Insiden Atap roboh, Selasa (16/6/2015) mewarnai prosesi sidang Isbat penentuan awal Ramadhan di Lhoknga, Aceh Besar. Sesaat sebelumnya, tim dari Badan Hisab dan Rukyat Provinsi Aceh memang telah melakukan observasi tahap pertama dengan menggunakan teleskop.

Rencananya, proses penglihatan hilal dengan bantuan teleskop akan dilakukan lagi sesaat setelah matahari terbenam. Sayangnya, rencana itu gagal karena ruangan Observatorium Hilal berantakan menyusul robohnya asbes yang menutupi bagian atap.

Beruntung peristiwa itu tak menimbulkan korban begitu juga dengan perlengkapan teleskop berhasil diselamatkan. Selain karena kondisi ruangan yang tak mendukung, kondisi cuaca kemarin juga mengakibatkan hilal tak terlihat.

Sementara itu dari Jakarta, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, berdasarkan paparan dari pakar astronomi, hilal terbenam lebih cepat dari matahari. Paparan pakar astronomi itu juga sama dengan laporan petugas rukyat di 36 titik yang tersebar di semua provinsi di Indonesia yang menyatakan belum melihat hilal.

Lukman menegaskan, belum tampaknya hilal di Indonesia juga sama dengan pengamatan posisi hilal di seluruh dunia. Dengan demikian, Kemenag menyatakan bahwa peserta sidang isbat sepakat menetapkan bahwa awal puasa atau 1 Ramadhan adalah Kamis (18/6/2015).

Narator:
Editor: Reza Munawir