Ditangkap, Ilyas A Hamid Dipulangkan ke Aceh

Selasa, 14 April 2015 | Dilihat: 2,304 kali

SERAMBIONTV, BANDA ACEH – Mantan Bupati Aceh Utara, Ilyas A Hamid, Selasa ( 14/4/2015) dipulangkan ke Aceh. Ilyas telah menjadi buronan penyidik Kejaksaan Tinggi Aceh sejak lima bulan lalu dalam kasus dugaan korupsi kas bon Aceh Utara Rp 7,5 miliar, pada 2009 atau saat ia menjabat bupati setempat.

Pemulangan Ilyas ke Aceh dilakukan dengan menumpang pernerbangan pesawat komersil ke bandara SIM Blangbintang, Aceh Besar. Ia dikawal ketat petugas gabungan dengan tangan diborgol. Dengan menggunakan mobil tahanan, mantan orang nomor satu di Aceh Utara ini dibawa ke Kejati Aceh sebelum akhirnya ditahan.

Seperti diberitakan sebelumnya Syedara Lon, Ilyas A Hamid berhasil ditangkap Senin (13/4/2015) malam, di sebuah rumah kawasan Pondokseng, Pancurbatu, Deliserdang, Sumatera Utara.

Ia sudah ditetapkan tersangka korupsi kas bon Aceh Utara Rp 7,5 miliar pada 2009. Sedangkan terkait kasus korupsi bobolnya kas Pemkab Aceh Utara Rp 220 miliar di Bank Mandiri KCP Jelambar, Jakarta, Ilyas Pase melalui pengacaranya mengajukan kasasi karena tak terima putusan banding majelis hakim PT Banda Aceh yang menghukumnya, antara lain, tujuh tahun penjara.

Narator:
Editor: Reza Munawir