Masuk Dayah, Polisi Aceh Besar Upayakan Pendekatan Islami

Sabtu, 21 Maret 2015 | Dilihat: 2,255 kali

SERAMBIONTV, ACEH BESAR – 30 polisi dari Polres Aceh Besar, Jumat (20/3/2015) menyelesaikan pendidikan singkatnya di Dayah Mahyal ‘Ulum Al-Aziziyah, Desa Dilib Bukti, Kecamatan Suka Makmur, Aceh besar. Sebelumnya, selama 30 hari, polisi muda ini dibekali berbagai ilmu agama, dan tinggal di lingkungan dayah.

Kapolres Aceh Besar, AKBP Heru Novianto menyebut penempatan personil di dayah sesuai dengan intruksi Kapolda Aceh, Irjen Husein Hamidi. Meski dalam waktu yang sangat singkat, Heru optimis program ini bisa memberi efek positif bagi bintara remaja, utamanya saat mereka nanti bertugas sebagai polisi.

“Untuk (polisi) yang sudah berdinas, sebelumnya sudah ada pertemuan dan akan diputuskan apakah akan dibuat seperti ini atau nanti melalui polsek-polsek.” Kata Heru.

Menurut Kapolres, program seperti ini nantinya akan memungkinkan pihaknya dalam memberi tindakan dengan mengedepankan nilai-nilai yang islami tanpa adanya kekerasan.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Mahyal ‘Ulum Al-Aziziyah, Teungku Faisal Ali, mengaku bahwa pendidikan yang diberikan kepada polisisama seperti yang diajarkan kepada santri lainnya di dayah tersebut.

“Mereka berbaur dengan para santri menularkan ilmu seperti ilmu latihan dasar karate. Walau sebulan disini, mereka kini sudah menjadi keluarga besar kita dan saya harapkan mereka dapat menjaga nama baik kepolisan dan juga citra pesantren ini.” Jelas Faisal.

Narator:
Editor: Reza Munawir