Kitesurf Incaran Bule di Pantai Ujong Pancu Aceh

Senin, 23 Pebruari 2015 | Dilihat: 2,006 kali

SERAMBIONTV, BANDA ACEH – Satu lagi potensi wisata air yang dapat diandalkan untuk mendatangkan wisatawan di kawasan Aceh Besar adalah kitesurf (selancar layang).

Olahraga wisata (sport tourism) ini adalah olahraga air yang memanfaatkan angin sebagai penggerak utama, dan layang untuk mengarahkan peselancar.

Pasangan suami istri Maurice Kruytzer wisatawan asal Belanda dan istrinya Joanna Dee asal Paris mencoba olah raga ini di kawasan Ujong Pancu Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Maurice menyebut kawasan ini sangat cocok lokasi baru kitesurf di Aceh Besar selama bulan Desember hingga Maret, sementara pada Bulan Mei hingga September kitesurf lebih cocok di kawasan Lhoknga dan Leupung, Aceh Besar.

Hembusan angin 20 hingga 30 knot dan bibir pantai Ujong Pancu yang dangkal sangat cocok untuk mencoba olahraga ekstrim ini terutama bagi para pemula.

Namun, meski Aceh memiliki wisata laut yang begitu eksotik, kitesurf belum familiar di kalangan wisatawan lokal. Saat ini Olahraga ini hanya dimainnkan oleh para turis. Bagaimana, anda berani mencoba?

Narator:
Editor: Reza Munawir