UIN Ar Raniry Tampung 4.500 Mahasiswa Baru

Minggu, 10 Agustus 2014 | Dilihat: 712 kali

SERAMBIONTV, BANDA ACEH – Sebanyak 3.151 calon mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Minggu pagi mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jalur lokal yang tersebar di 61 ruang ujian di kampus tersebut. Mereka bersaing memperebutkan sisa kuota penerimaan lokal sebanyak 1.200 mahasiswa.

Tahun ini, UIN Ar-Raniry juga mulai menerima mahasiswa untuk empat fakultas dan 13 program studi (prodi) baru antara lain, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, FISIP,  Prodi  Pendidikan Guru Raudhatul Athfal,  Prodi Teknologi Informatika dan Pendidikan Teknik Elektro.

Kehadiran fakultas baru di UIN merupakan bagian dari proses pemantapan Ar-Raniry yang telah berubah status menjadi universitas sejak 1 Oktober 2013 dengan Perpres No.64 Th.2013.

Pada SPMB kali  ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry yang baru berdiri beberapa bulan lalu, menjadi pilihan yang diminati calon mahasiswa.

Jumlah mahasiswa yang diterima tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yang hanya 3.000 orang, menjadi 4500 orang. Hal ini terkait perubahan status IAIN menjadi UIN Ar-Raniry. Juga karena ada penambahan penerimaan untuk fakultas dan prodi baru.

SPMB lokal merupakan tahap terakhir untuk masuk UIN, melalui jalur ini akan diterima 1.200 orang. Sebelumnya, UIN telah menerima mahasiswa baru melalui jalur undangan, Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) atau sebelumnya dikenal dengan Jalur Prestasi Akademik (JPA) dan UMPTAIN. Total yang akan diterima di UIN untuk tahun ajaran 2014-2015 sebanyak 4.500 mahasiswa.

Narator:
Editor: Reza Munawir