Very Necessary di Radio SerambiFM

Jumat, 16 Mei 2014 | Dilihat: 145 kali

Konsulat Amerika Serikat (AS) untuk Sumatera yang berkedudukan di Medan memprakarsai konser gratis Band Very Necessary asal Negeri Paman Sam itu di Taman Sari, Banda Aceh, pada Sabtu, (10/5/2014) mulai pukul 16.00 WIB.

Very Necessary yang dulunya bernama Remarkable Current merupakan grup musik kontemporer bernapaskan Islam yang berbasis di AS. Tahun sebelumnya, band ini konser di Padang, Sumatera Barat, juga atas fasilitasi Konsulat AS untuk Sumatera yang kini dipimpin Kathryn Crockart.

Menurut Dian Lumbantoruan, Staf Program Budaya dan Humas Konsulat AS untuk Sumatera, kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Kamis (8/5/2014), Aceh dipilih sebagai tempat konser Very Necessary tahun ini karena tiga hal.

Pertama, daerah ini merupakan daerah bersyariat Islam, sehingga sesuai dengan genre musik Very Necessary. Alasan kedua, Aceh sudah lama aman dan damai pasca MoU Helsinki. Alasan ketiga, di masa damai masyarakat Aceh semakin membutuhkan hiburan yang religius.

Di sisi lain, grup musik ini dipilih Pemerintah AS sebagai Hip Hop Ambassadors. Misi dan program Hip Hop Ambassadors, menurut Dian, adalah untuk membina keberagaman dan mendorong saling pengertian dengan cara mendukung kolaborasi artistik dan pertukaran budaya antarkawula muda dan menjadikan seniman Amerika sebagai duta budaya untuk memajukan perdamaian.

Saat konser nanti, seluruh kru Very Necessary bakal hadir. Yakni Anas Canon (vokalis/perkusi/pimpinan band), Sunni Ali dan Baraka Blue (rapper/pujangga), serta Erik Rico (gitaris dan vokalis).

Narator:
Editor: Kusnandar Zainuddin